Rabu, 19 September 2012

Al - Hikam - Hikmah ke 108 (10/09/2012)

Assalamu'alaikum Wr Wb.

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

Senin, 10 September 2012

Just share, afwan bila ada yg salah atau kurang..

Sedikit berbagi, pendengaran Kutipan al faqir dalam pengajian Buya Yahyadengan Kajian Kitab Al-Hikam Ibnu AThoillah Assakandari & Kitab Mukhtashor Ibnu Abi Jamroh (Ringkasan Shohih Bukhori) setiap senin malam selasa di Masjid Raya ATTAQWA Cirebon :

~Hikmah ke 108~
"Bukan setiap orang yang telah ditetapkan kekhususan untuknya (pembersihan dirinya dari segala kekurangan) itu berarti kamulah telah sempurna"

Pelajaran yang dapat kita ambil:

# Untuk melihat diri sendiri:
- Banyak hamba Allah yang diberi kekhususan atau keajaiban seperti karomah (mis. orang yg bisa berjalan diatas air seperti Waliyullah) atau ustadz yang diberikan di sunia banyak jama'ah. Akan tetapi di ingatkan oleh Ibn Atho'ilah -> Hai orang yang punya kelebihan, itu bukan berarti engkau sudah diberi kebersihan dari Allah atas segala kekurangan (untuk menghindari kesombongan).
- Agar kita tidak berbangga dengan karomah, karena ini merupakan sambungnya hati dengan syari'at Nabi Muhammad SAW.
- Kelebihan yang diberikan Allah kepada seorang hamba bisa jadi merupakan kekurangannya, menjadikan ia Ujub/sombong dan merasa aman dari siksa Allah.
- Para kekasih Allah akan merasa malu atas karomah dan cukup dirinya sendiri yang tau, mereka takut akan ini bisa menjadi penghalang. Sebab yang dicari hanya Allah, kalau akan berhenti kepada selain Allah , maka tidak akan sampai kepada Allah.

# Untuk melihat orang lain:
- Jika engkau melihat orang lain dengan kelebihan, maka khusnudzonlah kepada Allah.
- Siapapun yang diberikan Allah kelebihan, maka berhati-hatilah, itu bukan jaminan kalau Anda bersih atau tidak punya kekurangan.

# 2 Hikmah yang dapat dipetik:
1. Jangan sampai tertipu dengan kelebihan-kelebihan yang diberikan Allah kepada kita. Karena Syetanpun bisa ikut andil dalam hal ini. Semakin banyak kelebihan, seharusnya semakin introspeksi diri.
2. Disisi lain, karomah yang sesungguhnya adalah sambungnya dengan Kitabullah dan Nabi Muhammad SAW. Paling hebatnya karomah adalah orang yang ISTIQOMAH. Ini merupakan karomah dari Allah. Tidak akan bisa seseorang istiqomah ibadah/hadir dalam suatu majelis, kecuali karena pilihan dari Allah. Istiqomah dalam menjalani kebaikan dan menjauhi kemaksiatan.

Wallahu a'lam bisshowab

♥ Muslimah ♥


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kunjungi Website Buya Yahya di www.buyayahya.org
Gabung bersama RadioQU melalui streaming di www.radioquonline.com
Gabung bersama sahabat Muslimah di Facebook https://www.facebook.com/pages/Muslimah/275415002532566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar